Komunitas GenBI Sulsel Gelar Bersih Indonesia

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan kegiatan lingkungan hidup bertajuk “Bersih Indonesia” serentak di seluruh Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia (KPwBI).

Di Sulsel sendiri, KPw BI Sulsel memberikan amanah kepanitiaan kepada Komunitas GenBI wilayah Sulsel menyukseskan kegiatan tersebut yang dipusatkan di Dusun Pandang-pandang, Desa Palajau, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto 22-24 Desember 2017 lalu.

Divisi Publikasi GenBI Sulsel Bersih Indonesia 2017, Suwandi mengatakan, kegiatan tersebut digelar di Dusun Pandang-pandang pasalnya, daerah ini salah satu daerah pesisir yang berada di Kabupaten Jeneponto.

Kondisi daerah tersebut lanjut Suwandi tidak memiliki fasilitas sanitasi yang memadai, akibatnya terjadi permasalahan lingkungan seperti air bersih dan pencemaran lingkungan akibat limbah rumput laut yang membuat pesisir menjadi kotor.

Selain itu, permasalahan lingkungan juga makin besar karena kurangnya pemahaman masyarakat setempat tentang pola hidup bersih dan sehat.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga juga diisi kegiatan pemutaran film, pemberian materi (pola hidup bersih dan sehat), senam pagi kepada siswa SD 76 Palajau dilanjutkan dengan pemeriksaaan kesehatan gratis kepada
masyarakat setempat bekerjasama Tim Medis UIN Alauddin Makassar serta sosialisasi pengelolaan sampah oleh Bank Sampah Makassar dan perlombaan fashion show sampah cilik dengan tema Daur ulang Sampah.

Hadir KPw BI Sulawesi Selatan beserta pejabat daerah dan masyarakat setempat.

Kegiatan diakhiri Bakti Pesisir dengan membersihkan sampah yang ada di sekitar pesisir pantai Dusun pandang- pandang dan sebagai upaya penyediaan sarana air bersih, GenBI melakukan pemasangan Tandon atau tangki penampung air di Rukun keluarga I dan Rukun keluarga II yang ada di Dusun  Pandang-pandang serta pemberian Jaring Nelayan dan Bibit Komoditi (cabai merah, sawi dan tomat) kepada masyarakat Dusun Pandang-pandang.

” Ini merupakan usaha kami membangun kesadaran kolektif tentang nilai kepekaan serta kepedulian  terhadap sesama. Diharapakan kegiatan ini bisa memberikan nilai edukasi entang pentingnya menjaga lingkungan hidup dan memberikan fasilitas dalam mempermudah masyarakat memperoleh air bersih bagi masyarakat,”tutup Suwandi.(**)