Terungkap, Dalang Penculikan Hanun Paman Sendiri

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Personel Gabungan Resmob Polda Sulsel bersama tim khusus Polda Sulsel dan jatanras Polrestabes Makassar dipimpin Kanit Resmob Polda Sulsel Akp Edy Sabhara MB, Kanit Jatanras Polrestabes Makassar Akp Ivan Wahyudi ,SH SIK , dan panit Timsus Polda Sulsel Ipda Artenius MB  berhasil melakukan penangkapan terhadap kasus penculikan anak yang terjadi di Jalan Raya Pendidikan, Kecamatan Rappocini, Makassar kemarin Selasa 9 januari 2017.

Fakta terkuak, aktor utama penculikan bayi berusia 1,5 tahun bernama Raihanun Mailika Umar (Hanun) itu ternyata paman korban Yusfikar Majid (Yus). Pelaku mengaku sakit hati terhadap ayah korban dan berencana meminta tebusan sebesar Rp3 miliar.

Pelaku yang berstatus seorang oknum PNS di Kantor DPRD Kabupaten Barru tersebut melakukan penculikan dan penyekapan bersama tiga rekannya.

Penangkapan ketiga pelaku itu berawal saat polisi meringkus pelaku pertama, Risal, di Kabupaten Pangkep. Dari keterangan Risal, akhirnya terungkap otak dari penculikan tersebut adalah Yusfikar Majid, yang tak lain merupakan paman korban.

Yusfikar ditangkap di rumah korban saat berpura-pura turut berduka atas hilangnya korban. Selanjutnya petugas kembali mengamankan pelaku ketiga yaitu Ayu di rumahnya di perumahan Telkomas.

” Saya sakit hati ke orang tua korban rencana nya keesokan harinya baru menghubungi orang tua korban untuk meminta tebusan tebusan 2-3 Miliar, namun karena beritanya tersebar di media maka teman saya Ayu menjadi takut dan meminta saya mengembalikan Hanun ke orang tuanya, maka itu saya datang untuk mengambil korban dan membawanya menggunakan sepeda motor dan saya turunkan di pinggir jalan poros perumahan telkomas dengan harapan bahwa anak itu akan ditemukan warga,” ungkap Yus kepada penyidik.

Saat ini polisi masih mengejar seorang pelaku lainnya bernama Anwar yang hingga kini masih buron. Pelaku diketahui masih berada di Kota Makassar.

Ketiga tersangka dibawa dan diamankan kantor DIT RESKRIMUM di Polda Sulsel untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Sebelumnya diberitakan, Hanun diculik di rumahnya di Jalan Pendidikan pada Selasa kemarin sekitar pukul 11.00. Balita tersebut ditemukan warga di pinggir jalan setelah dibuang pelaku di pinggir jalan.( **)