Kuasa Hukum KPU Makassar Tolak Gugatan Kuasa Hukum Appi-Cicu

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kota Makassar Tahun 2018, tentang gugatan Kuasa Hukum Appi-Cicu kepada KPU Makassar untuk membatalkan penetapan calon DIAmI, ditolak oleh KPU Makassar, Senin, 19 Februari 2018.

Kuasa Hukum KPU Makassar, Marhuma Majid mengatakan, pasangan DIAmi sudah memenuhi syaratdan tututan yang dilakukan oleh pasangan Appi-Cicu merupakan hal yang keliru.

“Tidak bisa dong, KPU dituntut atas permasalahan yang timbul setelah penetapan pasangan calon. Ini salah, menempatkan KPU sebagai termohon dalam persoalan ini. Karena keputusan KPU tidak ada kaitannya dengan alasan permohonannya,”ujarnya.

Jika masalah tersebut timbul sebelum penetapan calon, tentu KPU Makassar akan memproses hal tersebut.

“Seandainya sebelumnya, pada proses pencalonan itu sudah dipersoalkan, mungkin iya kalau ada proses yang sudah dilakukan,”tambah Marhuma.

Permohonan tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Bawaslu No. 15 tahun 2017.

“Seharusnya hal tersebut diselesaikan di tataran Panwas dulu, kalau Panwas sudah menetapkan bahwa ini objek sengketa, baru bisa dilakukan penyelesaian sengketa seperti sekarang,”tutupnya.

Marhuma menjelaskan kasus tersebut berdasar pada Peraturan Bawaslu pasal 11 ayat 2 No.15 tahun 2017. Sidang Musyawara Penyelesaian Sengketa tersebut akan dilanjutkan besok Selasa, 20 Februari 2018. (**)