Hari Ketiga Sidang MPS, Masing-masing Pihak Menyerahkan Dokumen Bukti

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Musyawarah Penyelesaian Sengketa (MPS) Pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kota Makassar Tahun 2018 memasuki hari ketiga.

Kuasa Hukum pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) dalam hal ini pihak pemohon, menyerahkan bukti-bukti terkait kepada Majelis Musyawara, Selasa, 20 Februari 2018.

Saat pihak pemohon menyerahkan dan memeriksa secara seksama bukti-bukti yang ada, salah satu kuasa hukum pihak terkait, Yusuf Kuncoro meminta izin untuk diikutkan dalam proses pemeriksaan bukti.

“Mohon izin ketua hakim. Biasanya dalam pemeriksaan bukti, perwakilan pihak termohon dan pihak terkait juga diikutkan dalam pemeriksaan”, ujar Kuasa Hukum Paslon DIAmi itu.

Namun, Nursari dalam hal ini selaku Ketua Majelis menjelaskan, Majelis akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, baru selanjutnya memanggil perwakilan dari pihak termohon dan pihak terkait.

“Mohon maaf, kami akan melakukan pemeriksan terlebih dahulu agar tidak terjadi kekeliruan dalan pemeriksaan. Setelah ini selesai kami akan memanggil pihak termohon dan terkait untuk melihat bukti yang ada”, ujar Kepala Bawaslu Kota Makassar tersebut.

Adapun mekanisme penyerahan bukti ini yaitu:
1. Penyerahan Bukti dari pihak Pemohon kepada Majelis, lalu melakukan pemeriksaan secara seksama dengan pihak termohon dan terkait.
2. Penyerahan bukti dari pihak Termohon kepada Majelis, lalu melakukan pemeriksaan bersama pihak pemohon dan terkait.
3. Penyerahan bukti dari pihak terkait kepada Majelis lalu melakukan pemeriksaan bersama pihak pemohon dan termohon.

Sidang akan dilanjutkan besok Rabu, 21 Februari 2018, dan menghadirkan saksi-saksi yang memilik kaitan dengan sengketa tersebut.(**)