BMKG Makassar Pastikan Musim Hujan Berakhir di Bulan April

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wil IV Makassar memprakirakan kemarau akan dimulai pada minggu I-III di bulan April.

” Kami prediksi sebagian besar wilayah di Sulsel akan memasuki musim kemarau pada bulan April I-III 2018 dan puncaknya Agustus III, namun masih ada beberapa wilayah masih dilanda hujan, “ujar Siswanto, Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar kepada Djournalist.com, Jumat 9 Maret 2018.

Siswanto menjelaskan, pada bulan April wilayah-wilayah yang mulai memasuki musim kemarau antara lain kota Makassar dan sekitarnya seperti wilayah Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Gowa, Takalar dan Jeneponto.

Kemudian di bulan yang sama, masih ada beberapa wilayah yang mengalami curah hujan seperti wilayah Kabupaten Pinrang, Sidrap, Soppeng, Toraja dan Wajo bagian tengah.

Untuk musim kemarau, kata Siswanto antisipasi yang perlu dilakukan adalah penghematan dalam menggunakan air.

” Biasanya musim kemarau kita akan kekurangan. Maka dari itu diimbau kepada masyarakat tetap berhemat dalam menggunakan air dari sekarang, sampai nanti musim kemarau datang paling tidak persediaan air masih mencukupi,”imbaunya.

Selain itu, rawannya kebakaran di musim kemarau juga harus diantisipasi. Dengan cara, tetap berhati-hati dalam beraktifitas terutama aktifitas membakar sampah yang kerap memicu terjadinya kebakaran. (**)