Polisi Tangkap 4 WNA Pelaku Sindikat Skimming ATM, 1.447 Kartu ATM Diamankan

ilustrasi. (foto: djournalist.com)

ilustrasi. (foto: djournalist.com)

JAKARTA, DJOURNALIST.com – Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus sindikat skimming yang membobol saldo dari rekening di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Personel Polda Metro Jaya turut menyita 1.447 kartu ATM yang telah menjadi sindikat skimming.

Tim Subdit Resmob Polda Metro Jaya unit 4 di bawah pimpinan Kanit AKP Rovan Richard Mahenu S.IK., M.Si. berhasil mengungkap kasus skimming tersebut berkat hunting selama 1 minggu.

Dari kasus sindikat skimming ini, petugas menangkap lima tersangka yang terdiri dari empat orang warga negara asing (WNA) dan seorang warga negara Indonesia (WNI).

Baca Juga:

    Empat tersangka WNA yang berhasil diamankan Polda Metro Jaya antara lain yakni Caitanovici Andrean Stepan (27) asal Rumania, Raul Kalai alias Lucian Meagu (27) asal Rumania, Ferenc Hugyec (26) asal Hungaria dan Ionel Robert Lupu (27) asal Rumania.

    Selain keempat WNA tersebut, kepolisian juga turut mengamankan seorang WNI bernama Milah Karmilah (29).

    Dari hasil pengungkapan pihak kepolisian, para tersangka memulai aksi jahatnya sejak Juli 2017 dengan membuat alat skimmer dan seperangkat alat pendukung lainnya kemudian memasangnya di berbagai ATM di sekitar wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta dan Bali.

    Data yang didapat dari alat skimmer kemudian digandakan di kartu ATM kosong, kemudian digunakan dengan cara datang ke ATM dengan memasukkan nomer pin, selanjutnya para tersangka menarik uang tunai yang ada di ATM. (**)