Forhati: Perempuan Cerdas Sukseskan Pemilukada yang Demokrasi

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Forum Alumni Kohati (Forhati) Sulsel bekerjasama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, menyelenggarakan Sosialisasi Pemilih Perempuan dengan tema “Peran Serta Forhati dalam Mensukseskan Pemilukada 2018 yang Demokratis”, di Hotel Grand Imawan, Jl. Pengayoman No. 36,  Makassar, Kamis, 29 Maret 2018.

Hadir Prof Itji Diana Daud, Ketua Forhati Sulsel selaku pemateri bersama DR Nursyamsiah Yunus Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar dan Misnah Attas M.P Komisioner KPU Sulsel.

Misna Attas mengatakan, perempuan harus menunjukkan kemampuan dan mendorong diri sebagai pengampil keputusan di semua lini.

“Kita harus mendorong posisi sebagai pengambil keputusan, sesama perempuan harus Saling menyokong,” tegasnya.

Ia mengatakan permasalahan yang ditemukan saat ini yaitu, gerakan perempuan tidak melakukan pelebaran, cenderung oligarki, dan tidak berkembang. Maka dibutuhkan perubahan.

“Kalau perempuan menjadi pemilih yang cerdas, mampu menentukan pilihannya sendiri, maka negara ini akan bisa begerak ke arah yang lebih baik lagi. Ini yang menjadi persolan kita, karena kebanyakan hanya mengikuti trend, mengikuti suara terbanyak,” keluhnya.

Perempuan memiliki kemampuan lebih, perempuan harus mampu bekerja dibawah tekanan. Khususnya sebagai seorang pemilih, perempuan harus memiliki pilihan dan teguh pada pendiriannya.

“Pemilih perempuan tidak boleh menjadi awam. Kita harus memberikan pendidikan-pendidikan politik, pendidikan pemilih, untuk menciptakan pemilu yang berkualitas,” tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, beberapa himpunan gerakan perempuan, organisasi kemahasiswaan, Ibu rumah tangga, dan awak media. (**)