Residivis Pencurian Antar Provinsi Dihadiahi Timah Panas Polisi

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Seorang buruh bangunan, Andre Fajar Usman alias Andre (34) yang nyambi jadi pencuri berhasil ditangkap tangan oleh warga bersama tim resmob Panakukkang saat beraksi Minggu malam 15 April 2018.

Aksi pencurian yang dilakukan di sebuah rumah di bilangan Tello Baru berhasil membawa kabur 1 buah tas, 1 kalung emas dan tabungan korban yang keseluruhan mencapai Rp25 juta.

Untuk menghindari amuk massa, pelaku diamankan ke Posko Resmob Panakukkang.

Saat dilakukan introgasi awal, pelaku mengaku telah dua kali melakukan perbuatannya di wilayah hukum Polsek Panakukkang.

“Dari keterangan tersangka sendiri mengakui perbuatannya sebanyak 2 kali di wilayah hukum Polsek Panakkukang dan berhasil menggondol uang korban Rp4 juta dan Rp35 juta dari dua lokasi yang berbeda,” ujar Panit 2 Reskrim Ipda Roberth Hariyanto Siga.

Selain itu, pelaku juga mengakui telah beberapa kali melakukan aksi tersebut di sejumlah wilayah berbeda. Antara lain, di Makassar 2 x dan di Gorontalo 3 x.

Residivis dengan kasus yang sama tersebut mencoba mengelabui polisi saat hendak melakukan pengembangan, dan mencoba untuk melakukan perlawanan dan kabur.

Polisi mengeluarkan 3 x tembakan peringatan ke udara, namum pelaku tetap mencoba untuk kabur. Alhasil, polisi melumpuhkan perlawanan pelaku dengan timah panas di bagian betis sebelah kanannya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kapolsek Panakukkang, Kompol Ananda Fauzi Harahap.

“Andre sempat melakukan perlawanan dan ingin melarikan diri dan seketika anggota memberikan tembakan peringatan ke udara tiga kali namun pelaku tidak menghiraukannya. Selanjutnya anggota melakukan tindakan tegas dengan melumpuhkannya dengan timah panas.” ujarnya.

Selanjutnya, pelaku dibawa ke RS Bayangkara untuk mendapatkan penanganan medis. Saat ini, pelaku beserta barang bukti diamankan di Mapolsek Panakukkang guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut. (**)