Mudik Gratis Bareng Jasa Raharja Sudah Dibuka, Ayo Segera Daftar! Kuota Terbatas

Kepala PT Jasa Raharja Wilayah Sulsel, Jahja Joel Lami bersama Ketua Panitia mudik bareng sekaligus Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja (JR) Sulsel Hendriawanto.

Kepala PT Jasa Raharja Wilayah Sulsel, Jahja Joel Lami bersama Ketua Panitia mudik bareng sekaligus Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja (JR) Sulsel Hendriawanto.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com -Kementerian BUMN melalui PT Jasa Raharja Sulsel untuk kali pertama membuka pendaftaran Mudik Gratis BUMN 2018 menggunakan transportasi darat dan laut.

Pendaftaran mulai dibuka hari ini, Senin 16 April 2018 di kantor cabang Jasa Raharja Sulsel Jalan Dr Sam Ratulangi No 77 Makassar, Kecamatan Mamajang.

Syaratnya pun mudah, peserta mudik hanya menyiapkan berkas berupa Kartu Tanda Pengenal (KTP), SIM , KK, dan 1 lembar foto copy STNK.

Ketua Panitia mudik bareng sekaligus Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja (JR) Sulsel Hendriawanto menjelaskan, pelepasan dan pemberangkatan peserta mudik darat untuk wilayah Sulsel dilakukan tanggal 11 Juni dan mudik laut tangga 12 Juni.

” Untuk mudik laut jadwalnya sewaktu-waktu dapat berubah,”jelas Hendriawanto didampingi Humas Jasa Raharja Sabir, disela-sela Konferensi Pers di Cafe Papa Ong, Jalan Rusa, Senin 16 April 2018.

Untuk kenyamanan dan keamanan pemudik, Jasa Raharja menyiapkan 20 armada bus yang terjamin kenyamanan dengan rute tujuan mudik Mamuju, Palopo, Toraja, Masamba, Malili dan Watampone.

Sementara untuk rute pelayaran tetap melalui Pelabuhan Soekarno Hatta dengan tujuan Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara
dengan kapasitas sebanyak 500 orang.

Menariknya tak hanya menyiapkan mudik gratis kata Hendri, Jasa Raharja juga menyediakan bingkisan bagi pemudik berupa kaos, topi, snack dan obat-obatan.

” Ada pemeriksaan kesehatan juga bagi driver BUS dan saat dilepas pemudik harus menggunakan kaos dan topi (seragam) bingkisan kita,”tambah Hendri.

Sementara itu, Kepala PT Jasa Raharja Wilayah Sulsel, Jahja Joel Lami menambahkan, ini adalah kali pertama BUMN dalam hal ini Jasa Raharja
ditunjuk sebagai pelaksana mudik kali ini.

” Mudik gratis nya serentak nasional dan sudah jadi agenda tahunan. Khusus untuk laut jadwalnya akan berubah tergantung dari PT PELNI. Pelepasan secara serentak pada tanggal 9 Juni 2018 yang dipusatkan di Pantai Carnaval Taman Impian Jaya Ancol Jakarta,”ujar Jahja.

Jahja menyebut, ada 35 BUMN yang turut berpartisipasi dan angka ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pihaknya pun berharap, pendaftar mudik bisa melebihi kouta yang ditetapkan BUMN, yaitu untuk Sulsel sebanyak 560 kouta untuk jalur darat dan 500 untuk jalur laut.

” Ini wujud kepedulian BUMN khsususnya JR dalam mendukung kelancaran mudik. Harapan saya mudik ini bisa meringankan beban masyarakat, kedua ini upaya kita membantu stakholder menekan angka kemacetan, ketiga tingkat kecelakaan bisa menurun dan tentunya bisa membantu prosesi perjalanan masyarakat dalam hari raya, “tutupnya. (**)