Perempuan Ini Tertangkap Basah Saat Palak Pedagang di Acara Car Free Day Gowa

SUNGGUMINASA, DJOURNALIST.com – Seorang perempuan yang melakukan pungli akhirnya diamankan pihak Polres Gowa, Minggu, 27 Mei 2018. Adalah Lebong (36) yang tertangkap basah di acara car free day di depan Masjid Agung Syeikh Yusuf, Jalan Masjid Raya, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Pungli yang dilakukan Lebong terhadap para pedagang yang melapak di acara car free day tersebut sangat meresahkan. Sebab, pelaku meminta pungutan terhadap para pelapak tanpa memberikan retribusi penarikan.

“Pelaku pungli memulai melakukan pemungutan pada pedagang lapak car free day sebesar sepuluh ribu hingga dua puluh ribu tiap lapak atau pedagang tanpa memberikan retribusi resmi dari Pemerintah Kabupaten Gowa,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani.

Setalah menerima laporan tersebut, Tim OTT Polres Gowa langsung bergerak dan mengamankan pelaku serta barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp. 2.229.300 serta 1 ponsel.

Saat diintrogasi, pelaku mengaku tidak memiliki pekerjaan tetap dan tergiur dengan hasil yang diperoleh.

“Terduga pelaku tidak memiliki pekerjaan yang tetap dan tergiur dengan hasil yang diperoleh. Bahkan, terduga pelaku telah melakukan pemungutan car free day selama 8 tahun terakhir,” lanjut Dicky Sondani.

Pelaku yang merupakan warga asal Jalan Gagak Lambaselo, Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu tersebut dijerat dengan pasal 368 KUHP tentang pemeresan yang disertai dengan ancaman kekerasan,  dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (**)