Pelindo IV Siapkan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2018

GM Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru.

GM Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) secara resmi membuka posko terpadu Angkutan Lebaran 2018, ditandai dengan Apel Siaga Bersama yang diikuti stakeholder di lingkup Pelabuhan, yang dipimpin oleh Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Makassar, Rahmatullah, Kamis 31 Mei 2018.

Hadir Lantamal VI Makassar, Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, Kesyahbandaran Utama Makassar, Kantor Pusat dan Cabang Pelindo IV, Distrik Navigasi Kelas I Makassar, Polres dan Polsek Pelabuhan Makassar dan Paotere, Basarnas, Kesehatan Pelabuhan, Karantina Pertanian dan Hewan, BPTD Wil XIX, PIP, BP2IP Barombong, Dinas Sosial, PT Pelni, Jasa Raharja, Dharma Lautan Nusantara, Prima Vista, APBMI, INSA, ALFI/ILFA, serta Koperasi TKBM.

Usai pelaksanaan apel siaga bersama, Kepala OP Makassar, Rahmatullah didampingi GM Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru beserta jajaran pejabat lainnya mengunjungi lokasi posko yang terletak di lantai dasar terminal 2, bersebelahan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Lokasi ini dipilih karena sangat mudah dijangkau oleh para calon penumpang maupun masyarakat yang membutuhkan bantuan atau informasi seputar Angkutan Lebaran dan mudik tahun ini, seperti jadwal kapal dan informasi lainnya.

Sementara, terkait kesiapan fasilitas yang ada di Pelabuhan Makassar, General Manager PT Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru menuturkan, bahwa fasilitas terminal telah rampung direnovasi sejak tahun sebelumnya. Perluasan terminal memungkinkan untuk menampung kurang lebih 4.000 penumpang.

Terminal itu sendiri terdiri dari Gedung Terminal Lounge Anging Mammiri yang dilengkapi travelator tersambung ke kapal melalui garbarata dan terminal khusus untuk pedagang K5, DCS (Departure Control System).

Kedua gedung terminal ini dihubungan oleh sebuah connecting bridge yang melindungi penumpang dari hujan dan terik matahari.

” Di dalam gedung Terminal Anging Mammiri terdapat kursi tunggu, ruang kesehatan, wifi, ruang menyusui, fasilitas difabel (jalur khusus, toilet, kursi roda), charging box, toilet penumpang dan buruh, ruang sholat, ruang merokok, anjungan air siap minum, ruang membaca dan ruang bermain anak,”ujarnya ditemui usai acara buka puasa bersama Pelindo IV, Kamis 31 Mei 2018.

Ibu yang masih menyusui kata dia, diberikan ruang khusus laktasi yang tertutup. Demikian pula ruang bermain anak dan ruang membaca disediakan, agar penumpang dapat merasa nyaman selama berada di terminal saat menunggu keberangkatan.

Khusus untuk penumpang difabel, petugas menyiapkan kursi roda dan jalur khusus agar aman dan nyaman hingga naik ke atas kapal.

Di luar gedung terminal, dilengkapi toilet khusus untuk buruh yang senantiasa dijaga kebersihannya, sehingga area pelabuhan tidak ada yang berbau pesing dan kotor.

Petugas kebersihan yang berasal dari vendor profesional juga melakukan tugas bergiliran membersihkan selama 24 jam.

Sedangkan di terminal lainnya, terdiri dari dua tingkat. Lantai 1 atau dasar merupakan tempat parkir dan toilet. Lantai 2 ditempati oleh pedagang K5 yang telah ditertibkan dan ditata rapi, tempat para penumpang menunggu sebelum menuju gedung Lounge Anging Mammiri.

Loket DCS juga terdapat di area ini. DCS adalah sistem yang mengecek kesesuaian tiket dengan kartu identitas yang dimiliki oleh calon penumpang. Dari sistem ini pula dapat ditentukan jumlah penumpang dari kapal. (**)