Raja Gowa Meninggal di Usia 64 Tahun, Malam ini Jenazahnya Disemayamkan di Balla Lompoa

Plt Soni Sumarsoni melayat kerumah duka Almarhum Andi Maddusila.

Plt Soni Sumarsoni melayat kerumah duka Almarhum Andi Maddusila.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com — Raja Gowa ke-37, Andi Maddusila Andi Idjo atau Andi Maddusila Patta Nyonri Karaeng Katangka Sultan Alauddin II menghembuskan napas terakhirnya, Minggu, 10 Juni 2018. Dikabarkan, Andi Maddusila meninggal sekira pukul 15.30 WITA di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bahagia, Minasa Upa, Kota Makassar.

Pihak keluarga sendiri membeberkan bahwa Andi Maddusila meninggal disebabkan terjatuh beberapa saat yang laalu dan dilarikan ke rumah sakit.

“Dia jatuh. Jadi dia berdiri dari tempat tidur, mungkin untuk buar air kecil, karena kesehatannya juga terganggu sehingga kesadarannya hilang dan jatuh,” ujar salah satu keluarga Andi Maddusila.

Baca Juga:

    Andi Maddusila yang lahir pada 9 Juli 1950 itu meninggal di usia yang ke 64 tahun.

    Lebih lanjut, keluarga Andi Maddusila menuturkan bahwa akibat dari terjatuh tersebut ada luka yang ditimbulkan di bagian kepala yang membuatnya tidak sadarkan diri.

    “Ada luka di bagian kepala akibat terbentur saat jatuh. Rencananya besok dimakamkan dengan proses adat, karena beliau adalah raja. Kami dari pihak keluarga sangat terpukul dan berduka atas meninggalnya almarhum,” tambahnya.

    Sementara itu, pihak kerajaan yang dikonfirmasi, Andi Hasanuddin Sila menuturkan bahwa almarhum akan disemayamkan di Balla Lompoa. Sekira pukul 22.20 WITA jenazah Andi Maddusila dibawa ke Rumah Adat Balla Lompoa untuk disemayamkan.

    “Sudah sepantasnya almarhum Andi Madusila disemayamkan di rumah adat Balla Lompoa sebagai mana beliau merupakan Raja Gowa ke-37,” ungkap Andi Hasanuddin Sila, yang juga menjabat sebagai Sekertaris Kerajaan.

    Jenazah Almarhum Andi Maddusila.

    Jenazah Almarhum Andi Maddusila.

    Dari pantauan Djournalist.com, beberapa pejabat turut datamg berbelasungkawa di kediaman almarhum di Bumi Permata Hijau, Jalan Sultan Alauddin Makassar, seperti Plt

    Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, serta Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga.(**)