Soni Sumarsono Tinjau Kesiapan Arus Mudik di Pelabuhan Makassar

Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono melakukan pengecekan ke Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Minggu, 10 Juni 2018.

Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono melakukan pengecekan ke Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Minggu, 10 Juni 2018.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono melakukan pengecekan ke Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Minggu, 10 Juni 2018.

Kunjungan tersebut dilakukan guna mengecek kesiapan pelabuhan dalam arus mudik lebaran tahun ini.

Soni Sumarsono yang tiba sekitar pukul 15.30 WITA langsung mendatangi posko terpadu pelayanan yang disiapkan.

Di posko tersebut, Soni Sumarsono memeriksa langsung kesiapan, seperti kesiapan tim kesehatan, pihak kepolisian yang menggelar operasi ketupat, serta pihak Otoritas Pelabuhan Utama Makassar.

“Saya mengecek tiga yang menjadi pesan saya. Ini sesungguhnya menjadi puncak arus lebaran lewat laut yang mulai dari kemarin, hari ini, dan besok. Tapi, kalau puncaknya masih seperti ini, yah kapasitasnya masih relatif cukup menampung dan tidak perlu juga dikhawatirkan dengan berjubel penumpang atau yang menimbulkan sesuatu yang tidak terkendali. Dari segi kapasitas, menurut laporan sampai hari ini ada 17 ribu yang naik dan 11 ribu yang turun.” ujar Soni Sumarsono.

Selain melihat kesiapan Pelabuhan, Soni Sumarsono juga menyempatkan untuk berinteraksi langsung dengan penumpang yang hendak berangkat. Ada puluhan penumpang yanh transit di Pelabuhan Makassar.

Fasilitas pelabuhan juga menjadi poin dari kunjungan Dirjen Otoda tersebut. Menurutnya, fasilitas yang ada di Pelabuhan Soekarno-Hatta sudah cukup memadai dan bisa membuat penumpang merasa aman dan nyaman.

“Fasilitas kemanannya penting. Bagaimana bisa membuat penumpang merasa aman dan nyaman. Operasi Ketupat 2018 juga saya kira menjadi jaminan. Juga ada fasilatas ruang bermain untuk anak. Penumpang disabilitas juga diakomodir. Pelayanan juga sudah elektrik, menggunakan barcode dan tidak manula lagi. Saya kira itu bisa mempercepat pelayanan,” sambungnya.

Tak lupa, Mantan Plt Gubernur DKI Jakarta dan Sulawesi Utara tersebut juga mengecek kantin yang ada di palabuhan. Soni Sumarsono mengecek langsung jajanan yang dijajakan apakah layak atau sudah kadaluarsa.

“Dugaan saya ada di tempat jualan-jualan itulah, meski belum dicek keseluruhan tapi kami minta sekurity disini untuk cek makanan yang sudah kadaluarsa. Tadi saya cek sudah bagus, masih update dan belum kadaluarsa. Itu yang bahaya, seringkali di tempat-tempat seperti ini jual makanan yang sudah kadaluarsa.” terangnya.

Soni Sumarsono juga melihat sistem parkir dan kebersihan. Menurutnya, apa yang sering menjadi keluhan yang didapatkannya tidak ditemukan, seperti sistem parkir dan kebersihan pelabuhan. (**)