Andi Maddusila Dimakamkan di Kompleks Raja-raja Gowa di Katangka

Andi Maddusila Dimakamkam di Kompleks Raja-raja Gowa di Katangka

Andi Maddusila Dimakamkam di Kompleks Raja-raja Gowa di Katangka

GOWA, DJOURNALIST.com — Lautan manusia memenuhi Balla Lompoa’ Kabupaten Gowa, Senin, 11 Juni 2018. Ribuan manusia yang didominasi warga Gowa tersebit hendak mengiringi jenazah Raja Gowa ke 37, Andi Maddusila Andi Idjo ke tempat pembaringan terakhirnya di Kompleks Makam Raja-raja Gowa, Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Sebelumnya, almarhum Andi Maddusila yang mennghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Bahagia Ibu dan Anak di Minasa Upa, pada Minggu, 10 Juni sekitar pukul 15.30 WITA, jenazahnya kemudian dibawa ke rumah duka di Bumi Permata Hijau, Jalan Sultan Alauddin. Pada malam hari, sekira pukul 22.20 WITA, jenazah almarhum dipindahkan ke Rumah Adat Balla Lompoa di Kabupaten Gowa untuk disemayamkan.

Raja Gowa ke 37 yang bergelar Andi Maddusila Patta Nyonri Karaeng Katangka Sultan Alauddin II, sebelum dikebumikan, disalati di Masjid Tua Katangka, Jalan Syeikh Yusuf. Selepas salat asar, jenazah almarhum pun dikebumikan.

Baca Juga:

    Proses pemakaman Raja Gowa pun melalui proses adat, meski tidak sepenuhnya dilakukan. Hal tersebut diakui oleh salah seorang keluarga.

    “Seharusnya jenazahnya diusung sepanjang jalan oleh masyarakat beramai-ramai. Tapi, jenazah hanya akan diusung dari Balla Lompoa menuju pintu depan, kemudian dibawa oleh ambulans menuju pemakaman,” ujar salah seorang keluarga yang enggamg disebutkan identitasnya.

    Acara pemakaman Raja Gowa ke 37 yang pernah mencalonkan sebagai Bupati di Kabupaten Gowa tersebut dihadiri oleh perwakilan Raja-raja se Nusantara.

    Selain raja-raja se-Nusantara, tampak beberapa tokoh penting di Sulawesi Selatan yang melayat ke rumah duka di Balla Lompoa hari ini, seperti Calon Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Halid, juga Nurdin Abdullah. Tampak pula Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono dan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti.(**)