Respon Bencana Lombok, Unhas Kirim 21 Tim Medis

Untuk merespon situasi bencana di Lombok, NTB, Unhas mengirimkan tim medis terdiri dari 14 orang dokter residen.

Untuk merespon situasi bencana di Lombok, NTB, Unhas mengirimkan tim medis terdiri dari 14 orang dokter residen.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Untuk merespon situasi bencana di Lombok, NTB, Unhas mengirimkan tim medis terdiri dari 14 orang dokter residen.

Tim medis yang dipimpin langsung oleh Prof. Dr. dr. Idrus Paturusi, SpBO ini diberangkatkan dengan Lion Air pukul 15.40 dari Bandara Hasanuddin, Makassar, Senin 6 Agustus 2018.

Tim Medis Unhas merupakan bagian dari tim tanggap darurat yang bersama-sama dengan tim dari Public Safety Center (PSC) dari Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, serta dari beberapa daerah di Sulsel. Total tim yang diberangkatkan berjumlah 21 orang.

Tim medis ini terdiri dari beberapa dokter spesialis, yang dibutuhkan untuk respon situasi di lapangan.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, mengatakan, bahwa pengiriman tim medis ini merupakan wujud kepedulian langsung Unhas terhadap situasi bencana yang terjadi di Lombok.

“Kami bersyukur memiliki guru besar dan mahasiswa yang selalu memiliki kepedulian terhadap kebutuhan kemanusiaan. Tim ini kita berangkatkan dulu, nanti kita lihat berapa lama dibutuhkan di lapangan,” kata Prof. Dwia.

Sementara itu, Prof Idrus Paturusi yang memimpin tim ini mengatakan, bahwa dirinya sengaja berkoordinasi dengan beberapa pihak dalam waktu cepat.

“Dalam situasi darurat bencana, kita harus cepat merespon situasi untuk mengutamakan perawatan korban. Kebetulan di Lombok banyak alumni Unhas, jadi kita berdayakan mereka untuk bersama-sama membantu masyarakat,” kata Prof. Idrus sesaat sebelum keberangkatan ke Lombok.(***)