22 Rumah di Tengah Pekuburan Ratah dengan Tanah

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Total 22 rumah yang ludes terbakar di dua kelurahan di Kecamatan Tamalate, Senin, 3 Agustus 2018. Sekitar 6 rumah warga di Kelurahan Pa’baeng-baeng dan 16 rumah di Kelurahan Jongaya.

Saat ini, pihak pemerintah Kecamatan Tamalate masih melakukan pendataan. Menurut Camat Tamalate, Fahyuddin, pihaknya masih mengupayakan bantuan kepada masyarakat yang kehilangan rumah.

“Kita akan berkoordinasi dengan BNPB dan Dinas Sosial, untuk warga, kita upayakan dulu tinggal di rumah tetangga. Kita akan dirikan tenda untuk dapur umum,” jelas Fahyuddin.

Pemukiman warga yang kebanyakan semi permanen dan mudah terbakar menyebabkan api begitu cepat menghanguskan rumah warga yang ada di Jalan Andi Tonro 4 dan Jalan Andi Tonro 5.

Sementara, langkah taktis juga sedang diupayakan, mengingat, banyaknya berkas atau dokumen warga yang juga ikut terbakar pada kejadiaan naas tersebut.

“Kita juga upayakan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, kan banyak ijazah warga yang terbakar. Juga dengan Disdukcapil untuk keperluan catatan sipil,” jelasnya.

Diketahui, api pertama kali terlihat sekitar pukul 09.30 WITA di rumah seorang warga milik Sarnia (35).

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 11.30 WITA. Belum diketahui penyebab kebakaran, tapi diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik. (**)