Kapolda Sulsel: Tidak Ada Konflik Pemilu, Itu Jaminan Saya!

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono saat memberi sambutan pada Deklarasi Pemilu 2019 yang damai, aman, dan sejuk, di Anjungan Pantai Losari Makassar, Minggu, 16 September 2018. (foto: hardiansyah)

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono saat memberi sambutan pada Deklarasi Pemilu 2019 yang damai, aman, dan sejuk, di Anjungan Pantai Losari Makassar, Minggu, 16 September 2018. (foto: hardiansyah)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Situasi yang aman dan kondusif saat Pilkada 2018 serentak di Sulawesi Selatan, kembali ingin diulang.

Untuk mengulang kesuksesan itu, seluruh Forkopimda Sulawesi Selatan dan pimpinan partai politik mendeklarasikan Pemilu 2019 yang aman, damai, dan sejuk di Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur, Minggu, 16 September 2018.

Menurut Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono, kesuksesan tersebut tidak terlepas dari sinergitas TNI dan Polri menjaga netralitasnya.

Selain itu, jendral bintang dua tersebut juga memuji kinerja para pewarta yang terus mengawal pesta demokrasi tersebut.

“Saya berterima kasih kepada rekan-rekan media dengan menghadirkan berita yang mendidik dan tidak ada provokasi di media massa,” ujarnya.

Meski demikian, dirinya juga meminta dan menekankan kepada masyarakat, untuk tidak secara mentah-mentah menelan berita-berita yang ada. Apalagi menyebar berita-berita bohong.

“Masyarakat jangan menelan mentah-mentah informasi, menyebar hoaks, jangan menyebar ujaran kebencian. Itu sangat berbahaya,” jelasnya.

Dengan semakin rawannya media sosial sebagai wadah provokator, Kapolda Sulsel mewanti-wanti kepada masyarakat agar lebih pandai menyaring informasi. Sebab, salah sedikit bisa berakibat fatal.

“Satu klik itu bisa membuat kita dipenjara,” sambungnya.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Tim Cyber Polda Sulsel akan melakukan patroli dan proaktif melakukan pemantauan di media sosial.

Bahkan, bila Tim Cyber tersebut menemukan adanya ujaran kebencian atau pun fitnah, meski tidak ada laporan sema sekali, pelaku pun bisa langsung diamankan.

“Kita akan ambil langkah-langkah preventif agar Pemilu nanti tidak konflik. Itu jaminan saya kepada masyarakat,” tambahnya. (**)