Total Bantu Korban Bencana, PMI Sulsel Terjunkan Armada Lengkap dan 56 Relawan Terlatih

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel terjun total membantu korban bencana alam di Palu dan Donggala, Sulteng. Selain menurunkan armada ambulance dan haglund yang berfungsi multi medan, distribusi logistik juga dilakukan bersamaan dengan kesiagaan relawan terlatih secara lengkap.

Sebanyak 56 Relawan dengan spesifikasi keahlian lengkap, ditugaskan PMI Sulsel untuk terjun membantu korban yang terpapar bencana gemba dan Tsunami di Sulteng. Diantaranya tim perawat dan paramedic, wash team, evakuasi dan logistik, assesment, kru ambulance dan dapur umum.

Di bawah komando Ketua PMI Sulsel Ichsan Yasin Limpo,  PMI mulai mendistribusikan bantuan logistik, mobil ambulance, armada distribusi air bersih, hingga beberapa unit armada hugland yang bisa difungsikan mengakses segala medan.

“Relawan yang diterjunkan diantaranya dari Makassar dan relawan PMI Kabupaten/Kota terdekat semisal Luwu, Lutra, Lutim, Palopo  Pinrang dan Sidrap,” ujar Musyafir Kelana, Wakil Ketua PMI Sulsel bidang penanganan bencana alam usai melepas relawan yang ditugaskan, Sabtu (29/9/2018).

IYL intens memonitoring aktivitas relawan dan kebutuhan penanganan korban pascagempa bumi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulteng. Ia mengimbau pengurus dan relawan PMI untuk selalu siaga dan siap terjun ke lokasi bencana kapanpun saat ditugaskan.

“Pengiriman relawan dan distribusi logisitik dilakukan melalui udara dan via jalur darat. Sebagian yang melalui darat sudah mulai memasuki wilayah Sulteng,” ujarnya. (**)