BMKG Sebut Sulsel Masuk Kategori Rawan Gempa

Koordinator Gempa Bumi Balai Wilayah IV Makassar, Jamroni

Koordinator Gempa Bumi Balai Wilayah IV Makassar, Jamroni

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), masuk dalam kategori rawan gempa. Pasalnya, sebagian wilayah Sulsel terletak pada patahan garis Palu Koro.

Hal itu disampaikan oleh, Koordinator Gempa Bumi Balai Wilayah IV Makassar, Jamroni dalam kegiatan Seminar dan Talkshow bertemakan ‘Potensi dan Mitigasi Bencana Alam Geologi Sulawesi’, di Hotel Gammara, Jumat 26 Oktober 2018.

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa Sulsel juga menjadi wilayah yang rawan gempa. Jadi kita memang harus menyiapkan upaya mitigasi dalam menghadapi segala kemungkinan,”ujar Jamroni.

Wilayah Sulsel yang masuk pada garis pecahan Palu Koro adalah Selat Makassar, tepatnya diperairan Kabupaten Pinrang, Luwu, Bone, Sinjai dan Laut Selayar.

Ia juga mengatakan bahwa, upaya mitigasi dalam hal ini adalah selain memantapkan koordinasi semua pihak, sosialisasi ke masyarakat juga sangat penting.”Hal-hal yang perlu kita sosialisasikan dalam hal ini yaitu tanggap gempa bumi, tanggap, peringatan dini tsunami, dan tanggap Evakuasi,” tambahnya.

Hal ini, kata Jamroni, masih dianggap sepele oleh masyarakat maupun stakholder lainnya. Oleh sebab itu perlu dilakukan sosialisasi lebih intensif, untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh bencana.