Tahap Wawancara, Timsel Utamakan Pengetahuan Kepemiluan

Ketua Timsel I, Fajlirahman Kursi

Ketua Timsel I, Fajlirahman Kursi.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Tim seleksi (Timsel) I dan II Calon Komisioner KPU Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan,melakukan tes wawancara kepada calon Komisioner yang dinyatakan lulus tes kesehatan beberapa waktu lalu.Sebagaimana diketahui bahwa, tidak ada Komisioner yang digugurkan pada tes kesehatan itu.

Ketua Timsel I, Fajlirahman Kursi mengatakan bahwa pada tahapan kali ini timsel I menguji peserta terkait wawasan kebangsaan dan terutama pengetahuan tentang kepemiluan.

“Kita menguji wawasan kebangsaannya, pengetahuannya tentang Pemilu. Mereka kuasai tidak UU pemilu Nomor 7 tahun 2017 beserta perangkat PKPU-nya,”ujar Fajlirahman, Senin 29 Oktober 2018.

Termasuk hal-hal prinsip yang mesti diketahui oleh calon komisioner. “Hal-hal prinsip itu misalnya sistem pemilu, kita pakai sistem apa. Apa yang harus dilakukan jika terjadi pelanggan. Apa lagi ini sudah masuk tahap kampanye untuk Pileg dan Pilpres 2019,” tambahnya.

Timsel juga menyiapkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan profesi masing-masing calon, yang nantinya dapat bermanfaat jika mereka terpilih sebagai Komisioner.

“Kita akan liat, kita berikan pertanyaan sesuai kapasitasnya. Karena meski petahana sekalipun juga tidak menutup kemungkinan mereka juga tidak tau menjawab,”katanya.

Untuk diketahui, seleksi calon komisioner ini, diikuti tujuh daerah di Sulawesi Selatan. Diantaranya Kota Makassar, Pare-pare, Kabupaten Enrekang, dan Wajo.