Diduga Kampanyekan Caleg, Oknum Kades Takalar Terancam Satu Tahun Penjara

ilustrasi.

ilustrasi.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Mardiana salah seorang oknum Kepala Desa di Ko’mara, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar terancam mendapatkan satu tahun penjara dan denda paling banyak Rp 12 juta. Pasalnya pelaku diduga mengkampanyekan salah satu bakal calon anggota legislatif di daerah tersebut.

“Kalau kasus yang sudah dilimpahkan adalah oknum kepala desa yang diduga beraveliasi dengan calon anggota legislatif,” ujar Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan, Saiful Jihad kepada awak media di Hotel Claro, Rabu 21 November 2018.

Ia mengungkapkan, dugaan pelanggaran oknum kades tersebut yaitu melakukan prgoram yang menguntungkan salah satu calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI. Padahal dalam aturan, kepala desa dilarang mengkampanyekan salah satu caleg.

Saiful melanjutkan, informasi dari Bawaslu Takalar, kasus itu tengah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Takalar. “Saat ini kasusunya sudah P21 dan sudah dilimpahkan ke kejasaan untuk disidangkan,” katanya.

Ia menambahkan, sejak memasuki tahapan kampanye 23 September lalu. Dari sejumlah pelanggaran yang ditemukan kasus tersebut yang telah dilimpahkan ke kepolisian.