10 Besar KPU di Dua Daerah, Andi Ilham Samanlagi Dipersoalkan

Ketua Timsel II, Hasrullah

Ketua Timsel II, Hasrullah.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Andi Ilham Samanlagi, dipersoalkan sebagai calon Komisioner Komisi Peilihan Umum (KPU) Kota Makassar. Pasalnya, ia juga terdaftar sebagai calon komisioner di daerah lain.

Hal itu terungkap melalui tanggapan dari sejumlah masyarakat yang masuk ke Tim Seleksi (Timsel) yang mengatakan bahwa Andi Ilham lolos sebagai calon komisioner 10 besar di KPU Kabupaten Bone dan KPU Kota Makassar.

Sementara itu, Ketua Tim Seleksi (Timsel) II, Hasrullah mengataka bahwa hal tersbeut telah didiskusikan dlaam internal timsel I maupun Timsel II.”Ini memang mejadi permasalahan serius. Sudah kami diskusikan dengan Timsel II. Kami buatkan berita acara ke KPU pusat,” kata Hasrullah, Rabu 2 November 2018.

Nanum diketahui bahwa, Andi Ilham lolos sebagai calon komisioner di Bone diumumkan pada bulan April 2018. Sementara di Kota Makassar diumumkan bulan November 2018.

Hasrullah pun menjelaskan bahwa pengaduan masyarakat itu telah diantarnya secara langsung ke KPU RI, sebelum diputuskan 5 besar komisoner KPU.

Lebih jauh ia menjelaskan setelah dikirim ke KPU RI maka Timsel tidak bisa lagi mengintervensi keputusan yang ada, dan hanya bisa mengirimkan berita acara sebagai pertimbangan dalam memutuskan 5 komisioner yang dinyatakan lolos.

“Jadi kewenangan KPU pusat untuk menetukan. Kan 10 (yang dikirim), yang dipilih lima kan. Pasti yang dipilih yang terbaik lah,”katanya.