DKPP Akan Sampaikan Laporan Kinerja Tahun 2018

JAKARTA, DJOURNALIST.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu akan menggelar kegiatan Laporan Kinerja 2018 di Hotel Mercure Baycity, Ancol Jakarta Utara, pada Selasa besok 18 Desember 2018 pukul 12.00 WIB sampai dengan selesai.

Kegiatan ini akan dihadiri Penyelenggara Pemilu Pusat dan Daerah, stake holders Pemilu, Tim Pemeriksa Daerah unsur KPU, Bawaslu, dan masyarakat dari seluruh Indonesia, dan Penggiat Pemilu.

Kepala Biro Administrasi DKPP Bernad D Sutrisno, Laporan Kinerja tahun 2018 ini berupa penyampaian laporan kinerja Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu selama satu tahun. Kegiatan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban publik lembaga ini kepada masyarakat.

Baca Juga:

    “Kegiatan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban DKPP sesuai asas-asas pemerintahan yang baik (good governance) dan asas keterbukaaan (tranparancy) serta asas akuntabilitas,”ujar Bernad D Sutrisno, dalam keterangan tertulisnya, Senin 17 Desember 2018.

    Melalui laporan kinerja, pihaknya akan menyampaikan gambaran pelaksanaan tugas DKPP dalam menegakkan kode etik penyelenggara sepanjang tahun 2018.

    Profil integritas penyelenggara Pemilu, KPU dan jajarannya, serta Bawaslu dan jajarannya disajikan melalui data pengaduan dan perkara yang ditangani DKPP.

    Data pengaduan pelanggaran kode etik terkait dengan perkara tahapan Pilkada tahun 2018, tahapan Pemilu 2019, maupun perkara nontahapan seperti rekruitmen Bawaslu dan KPU di daerah.

    “Selain itu, laporan ini juga akan menyampaikan kinerja penggunaan anggaran DKPP tahun 2018. Dimana anggaran DKPP masih menjadi bagian dari anggaran Bawaslu atau 0,4 persen dari total anggaran Bawaslu RI tahun 2018,”katanya.

    Laporan Kinerja tahun 2018 ini, lanjut Karo, disusun tidak hanya berdasarkan subjektivitas dari interal DKPP. Tetapi, pihaknya juga meminta masukan dan pendapat dari pemerintah, partai politik peserta Pemilu, penggiat Pemilu,stake holder serta justice seeker secara tertulis.

    “Secara metodologis masukan dan pendapat tersebut kami konfirmasi ulang melalui kegiatan Focus Group Discussion dengan mengundang mereka. Metoda ini merupakan kali pertama diterapkan dari laporan-laporan kinerja DKPP sebelumnya. Diharapkan laporan ini tersajikan secara objektif,”ucapnya.

    Bernad menambahkan, dalam rangkaian kegiatan Laporan Kinerja tahun  2018, DKPP juga meluncurkan produk kinerja lainya yakni: Buku “Laporan Kinerja DKPP 2018”, Buku “Eksistensi DKPP RI Dalam Mengawal Demokrasi dan Pemilu Bermartabat” karya Prof Dr. Muhammad dan Prof. Dr. Teguh Prasetyo, Buku “DKPP RI Penegak Etik Penyenggara Pemilu” karya Prof. Dr. Teguh Prasetyo, Buku “Filsafat Pemilu”, karya Prof. Dr. Teguh Prasetyo, Majalah DIAL-ETIKA, Nomor 3 Tahun 2018, dan Jurnal ETIKA & PEMILU, Volume 4, Nomor 2-Desember 2018. (rilis humas DKPP)