Polsek Manggala Dalami Terbakarnya SPBU Abdullah Daeng Sirua

Kondisi SPBU di Jalan Abdullah Daeng Sirua pasca terbakar, Rabu 19 Desember 2018.

Kondisi SPBU di Jalan Abdullah Daeng Sirua pasca terbakar, Rabu 19 Desember 2018.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Polisi Sektor Manggala masih mendalami penyebab terbakarnya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) E7490239 yang terletak di Jalan Abdullah Daeng Sirua, Rabu 19 Desember 2018.

“Kami masih melakukan penyelidikan,”ujar Wakapolsek Manggala, Ajun Komisaris Abdul Muis dilokasi.

Saat ini kata dia, tim labolatorium forensik tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Sambil meminta keterangan karyawan SPBU yang mengetahui langsung peristiwa ini.

Pantauan Djournalist.com, satu unit truk, dua unit mesin pompa dan atap SPBU tersebut hangus dilalap si jago merah yang terjadi sekitar pukul 10.30 WITA.

Pengawas lapangan SPBU, Suardi 36 tahun mengatakan, peristiwa ini cepat sekali terjadi. Hanya hitungan sekian detik saja. Bermula ketika rekannya bernama Yanto melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium kepada kendaraan mobil truk dengan nomor polisi 8972 OD.

Saat pengisian, tiba-tiba terlihat percakapan api yang keluar dari bawah tanki mobil ini. Sontak api dengan begitu cepat menyambar dua unit mesin pompa. Sedangkan karyawan lain yang sedang bertugas pada saat itu lari berhamburan untuk menyelamatkan diri. Sedangkan sopir kendaraan truk itu kabur entah kemana.

“Saat pengisian mobil truk ini dalam keadaan mati. Karena aooirnya pun sempat meminta nota. Tiba-tiba ada percikan api keluar dibawah tanki mobil,””ujar Suardi menirukan perkataan Yanto.

Suardi mengaku tidak tahu menahu mengapa ada percikan api. Tapi ia menduga mobil truk ini merupakan mobil bengkel. “Saya datang di TKP api sudah membesar. Karena hari ini saya libur. Tapi dapat telpon dari teman-teman dan langsung kesini,”katanya.

Beruntung api cepat dipadamkan dengan alat pemadam kebakaran dan bantuan dari petugas pemadam kebakaran.

Pasca kejadian itu, police line pun terlihat terpasang. Sejumlah petugas kepolisian masih berada di TKP. Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.