Nurdin Abdullah Terima Silaturahmi Wakapolda Sulsel, Bahas Sinergi Kepolisian dan Satpol PP

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menerima kunjungan silaturahmi Wakapolda Sulsel, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Adnas di Ruang Kerja Gubernur di Kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumiharjo, Makassar, Jum'at 4 Januari 2019.

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menerima kunjungan silaturahmi Wakapolda Sulsel, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Adnas di Ruang Kerja Gubernur di Kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumiharjo, Makassar, Jum'at 4 Januari 2019.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  —  Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menerima kunjungan silaturahmi Wakapolda Sulsel, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Adnas di Ruang Kerja Gubernur di Kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumiharjo, Makassar, Jum’at 4 Januari 2019.

Dalam pertemuan ini singkat yang berlangsung sekira 15 menit ini, Wakapolda yang baru dilantik diakahir bulan November tahun lalu ini ditemani oleh Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. Sementara Nurdin Abdullah didampingi oleh Penjabat Sekda Sulsel Ashari F Fakshiri Radjamilo dan Kepala Kesbangpol Sulsel Asmanto Baso Lewa.

Asmanto menyampaikan bahwa pertemuan ini membahas terkait sinergi antara Kepolisian dan Pemprov, khusus dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Intinya adalah dia (pertemuan) lebih fokus pada pengefektifan kerja sama dengan Satpol dalam rangka pengembangan SDM Satpol. Dan tentu terkait dengan materi-materi fungsi dan tugasnya masing-masing,” kata Asmanto.

Dijelaskannya, Satpol satu tugasnya, penegakan hukum terhadap kewenangan dia, yakni itu peraturan daerah (Perda) dan peraturan kepala daerah (Perkada). Dalam hal kewenanganya Satpol dalam proses itu, ujungnya tidak ada penindakan hukum, jika ada penindakan hukum ditangani oleh pihak kepolisian. Bentuk-bentuk kerja sama ini yang akan diperdalam ke depan.

Pemetaan fungsi dan kewengan dapat dilakukan dan dikoordinasikan. Termasuk saat bertugas di lapangan. Satpol PP salah fungsinya adalah penegakan Perda dan untuk menjaga ketertiban yang menjadi kewenanganya itu yang harus disinergikan dengan kepolisian.

“Di samping, tentu pembekalan kepada SDMnya Satpol oleh kepolisian, nanti ada bentuk pembekalan dalam kerjasamanya, mungkin pelatihan,” sebutnya.

Lanjutnya, bahwa Gubernur NA menegaskan bahwa ingin ke depan, kerjasama semua stakeholder, khususnya Kepolisian, TNI, Kejaksaan semakin diperkuat, makin ditingkatkan, makin dipacu kerjasamanya dalam rangka untuk memberikan jaminan dalam rangka pembangunan dan visi-misi berjalan sesuai yang diharapkan, tidak ada hambatan. Asmanto menyebutk kondisi ini, menjadi sangat penting.

“Komunikasi yang sudah berjalan baik. Kita berharap tetap terjaga, tersinergi dengan baik. Saya kira Pak Gubernur sangat terbuka untuk hal ini,” ujarnya.

Usai pertemuan ini, NA mengajak Adnas untuk launge Kantor Gubernur.