17 Warga Sidrap Melapor Kena Tipu Umrah Berkedok Arisan

SIDRAP, DJOURNALIST.com – Sebanyak 17 warga Sidrap terkena kasus penipuan umroh berkedok arisan, sepakat melaporkan kasus tersebut ke pihak Polres Sidrap, dengan laporan polisi Nomor : LP 03/1/2019 SPKT/ 2 Januari 2019.

Hal tersebut di sampaikan Kapolres Sidrap, AKBP Budi Wahyono melalui Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Jufri Natsir yang ditemui diruang kerjanya, Jumat (8/3/2019).

Menurutnya, sejumlah korban telah kami periksa dan meminta keterangan sejumlah saksi lainnya yang mengetahui persis adanya dugaan penipuan ibadah umrah berkedok arisan yang dilakukan RA yang saat ini berada di Jakarta.

“Kita sudah memeriksa korban dan sejumlah Saksi saksi lainnya. Yang belum kami periksa adalah pengelola travel beinisial RA yang masih berada di Jakarta. Kasus tersebut berawal sekitar Juni 2016 lalu,” ujar Kasat Jufri.

Korban yang berinisial PU bersama 17 orang lainnya, kata AKP Jufri, awalnya sepakat membentuk arisan umrah keluarga dengan biaya sebanyak Rp1 juta perbulan, dan PU bekerjasama dengan travel Star Group yang ada di Sidrap.

Tetapi setelah peserta arisan sudah membayar lunas, sambung AKP Jufri, tak satupun anggota arisan yang diberangkatkan melaksanakan ibadah umrah, dan mereka hanya dijajnji terus.

AKP Jufri menjelaskan, terduga pelaku PU tetap beralasan bahwa dirinya sudah menyetor seluruh uang arisan umrah kepada pengelola travel RA.

“Saat ini, kami juga sudah koordinasikan ke pihak Kemenag Sidrap terkait perizinan travel star group itu, apakah berizin atau tidak,jelas AKP Jufri Natsir. (**)