Rekor Terlama di Dunia, Calon Jemaah Haji Sidrap Harus Antri 40 Tahun Lagi

SIDRAP, DJOURNALIST.com – Sebanyak 10 ribu lebih orang calon jemaah haji (CJH) asal Sidrap harus bersabar menunggu antrian panjang hingga 40 Tahun kedepan.

Pasalnya, jatah yang didapatkan pemerintah Kabupaten Sidrap setiap musim haji tiba, hanya sebanyak 200 orang lebih, sehingga hal ini membuat para CJH mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Sidrap, H Irman yang dikonfirmasi melalui ponselnya, Minggu (10/3/2019) menjelaskan, CJH yang telah mendaftar itu, masuk dalam daftar tunggu CJH reguler.

Sedangkan untuk CJH plus yang dikelola oleh travel yang mendapat izin resmi dari pemerintah, belum termasuk daftar tunggu yang jumlahnya mencapai 10 ribu orang CJH.

“Daftar tunggu CJH ini, merupakan daftar tunggu terlama di Indonesia, bahkan di dunia, sehingga kami berharap hal ini mendapat perhatian dari pemerintah pusat,”ujar Irman.

Menurutnya, kalau jemaah harus menunggu hingga gilirannya tiba, tidak menutup kemungkinan ada CJH yang sudah meninggal, karena rata-rata usia CJH saat mendaftar antara 25 hingga 50 tahun atau lebih.

“Tentunya kami berharap agar masalah ini ada solusi dari pemerintah, sehingga antrian panjang dapat dipangkas dengan adanya kebijakan kuota tambahan,”harap Irman. (**)