Asesor AUN-QA dari Empat Negara Visitasi Empat Prodi di Unhas

Hari ini, 10 April 2019, sebanyak empat program studi di Universitas Hasanuddin menjalani proses visitas dalam rangka memenuhi standarisasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Hari ini, 10 April 2019, sebanyak empat program studi di Universitas Hasanuddin menjalani proses visitas dalam rangka memenuhi standarisasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Hari ini, 10 April 2019, sebanyak empat program studi di Universitas Hasanuddin menjalani proses visitas dalam rangka memenuhi standarisasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Proses ini memiliki makna sangat penting, dimana para asesor yang berasal dari empat negara akan melakukan peninjauan langsung di lapangan.

Empat prodi yang hari ini menjalani akreditasi AUN-QA adalah:
– Program Studi Ilmu Komunikasi (FISIP)
– Program Studi Arkeologi (Fakultas Ilmu Budaya)
– Program Studi Teknik Pertanian (Fakultas Pertanian)
– Program Studi Peternakan (Fakultas Peternakan)

Selama satu tahun terakhir ini, keempat program studi tersebut secara intensif mempersiapkan berbagai standar dalam penyusunan Self Assesment Report (SAR) sesuai kriteria yang ditetapkan oleh AUN-QA.

Dalam proses ini, terdapat 11 kriteria kualitas yang harus dipenuhi, yaitu: Expected Learning Outcomes (tujuan pembelajaran), Program Specification (berkaitan dengan struktur kurikulum), Program Structure and Contents (berkaitan dengan struktur dan isi mata kuliah), Teaching and Learning Approach (metode pembelajaran), Student Assesment (penilaian mahasiswa), Academic Staff Quality (kualitas dosen), Supporting Staff Member Quality (kualitas tenaga kependidikan), Student Quality and Support (kualitas mahasiswa), Facilities and Infrastructures (sarana dan prasarana), Quality Enhancement (rencana pengembangan kualitas), serta Output (mutu luaran).

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menerima secara resmi kedatangan para asesor di Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas. Acara ini turut dihadiri oleh seluruh pimpinan universitas, para dekan, senat akademik, majelis wali amanat, dan direktur serta biro.

Para asesor yang hadir untuk menjalankan visitasi adalah:

1. Prof. Dato’ Ir. Dr. Riza Atiq Abdullah Bin O.K. Rahmat (Universiti Kebangsaan Malaysia)
2. Assoc. Prof. Dr. Pham Van Tuan (The University of Danang, Vietnam)
3. Prof. Wan Ahmad Kamil Mahmood, Ph.D (Universiti Sains Malaysia)
4. Dr. Amelia P. Guevara (University of the Philippines)
5. Ms. Cynthia T. Totanes (Loyola Schools for Quality Assurance, Philippines)
6. Assoc Prof. Dr. Mohd. Nizam AB Rahman (Universiti Kebangsaan Malaysia)
7. Assoc Prof. Dr. Le Quang Minh (Vietnam National University)
8. Prof. Dr. Allan B. De Guzman (University of Santo Tomas, Philippines)
9. Ms. Wilasinee Sittisomboon (AUN-QA Program Officers, Thailand)

Kunjungan para asesor ke Unhas merupakan proses visitasi ke-140 yang dilaksanakan oleh AUN-QA. Sebelumnya, Unhas telah berhasil meloloskan 13 program studi dalam standarisasi AUN-QA. Juga beberapa program studi juga telah memperoleh pengakuan ABEST-21 dan sedang menunggu hasil ASIIN.

Tahun ini, Unhas menargetkan sebanyak 25 program studi akan memenuhi standar kualitas dan akreditasi internasional.

Dalam sambutan singkatnya, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kedatangan para asesor.

Dirinya berharap, para asesor dapat melihat secara langsung kualitas proses akademik yang berlangsung di Unhas, khususnya pada empat program studi yang akan divisitasi.

“Hari ini ada sembilan asesor yang datang. Beberapa diantaranya pernah datang pada visitasi AUN-QA sebelumnya. Saya mengucapkan selamat datang dan selamat datang kembali,” kata Prof. Dwia dalam bahasa Inggris.

“Mengikuti asesmen AUN-QA memiliki makna penting bagi Unhas. Ini bukan hanya untuk pengakuan internasional semata-mata, tetapi bagi kami secara internal ini menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas terus-menerus,” lanjut Prof. Dwia.

Sementara itu, Prof. Dato’ Ir. Dr. Riza Atiq Abdullah bin O.K. Rahmat sebagai koordinator tim asesor, dalam sambutan pengantarnya menyampaikan juga apresiasi atas komitmen Unhas menjadi AUN-QA sebagai mekanisme untuk menjamin kualitas proses akademik.

“Saya dan kolega para asesor berharap visitasi ini akan memberi gambaran aktual, dimana kami nantinya akan memberikan catatan-catatan area mana saja yang dapat dikembangkan oleh program studi,” kata Prof. Riza Atiq.

Usai acara penerimaan, para asesor selanjutnya berkunjung ke masing-masing program studi, dimana setiap program studi akan divisitasi oleh dua orang asesor. Selain melihat kondisi aktual di lapangan, para asesor juga akan melakukan wawancara dengan dosen-dosen, tenaga kependidikan, pimpinan fakultas dan program studi, mahasiswa, alumni, dan para pengguna lulusan.

Visitasi akan berlangsung hingga tanggal 12 Maret 2019.(rls)