27 Dosen Tetap Non PNS Unhas Terima SK Pengangkatan

Universitas Hasanuddin melakukan rekrutmen Dosen Tetap Non Pegawai Negeri Sipil (Non-PNS) sejak beberapa waktu lalu.

Universitas Hasanuddin melakukan rekrutmen Dosen Tetap Non Pegawai Negeri Sipil (Non-PNS) sejak beberapa waktu lalu.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Universitas Hasanuddin melakukan rekrutmen Dosen Tetap Non Pegawai Negeri Sipil (Non-PNS) sejak beberapa waktu lalu.

Hari Kamis, 11/4/2019 berlangsung penyerahan Surat Keputusan Pengangkatan terhadap dosen-dosen yang dinyatakan lolos dengan status Calon Dosen Tetap Non PNS.

Acara yang berlangsung di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas ini dihadiri langsung oleh Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA), Sekretaris Universitas (Prof. Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT), para Dekan, dan Kepala Biro di lingkup Unhas.

Dosen tetap Unhas non-PNS yang direkrut tahun ini berjumlah 27 orang. Sekretaris Universitas, Prof. Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT menjelaskan bahwa sebelumnya terdapat 508 pendaftar yang mengikuti seleksi. Pada tahap akhir, terdapat 75 kandidat yang mengikuti seleksi, hingga dinyatakan lulus sebanyak 27 orang.

“Dengan demikian, hanya sekitar 5.3% saja dari pendaftar yang dapat kita terima. Salah satu faktor banyaknya peminat adalah karena dosen tetap non-PNS ini memiliki status yang sama dengan dosen PNS, baik hak dan kewajiban, maupun jenjang karir,” kata Nasaruddin.

Hal yang baru dalam penerimaan kali ini adalah untuk pertama kalinya Sekolah Pascasarjana menerima dosen dengan home base sendiri.

“Selama ini, dosen-dosen di Sekolah Pascasarjana itu memiliki homebase di fakultas-fakultas yang ada di Unhas. Namun kali ini, Sekolah Pascasarjana menerima 2 orang dosen sendiri,” lanjut Nasaruddin.

Dilihat dari latar belakang tingkat pendidikanyang diterima, sebanyak 4 orang diantaranya bergelar doktor, 22 orang master, dan 1 orang spesialis. Sementara jika dilihat dari kampus asal, sebanyak 4 orang merupakan lulusan luar negeri, dan 23 orang lainnya lulusan dalam negeri.

“Khusus yang lulusan dalam negeri ini, 15 orang adalah lulusan Unhas, 2 orang dari lulusan Universitas Airlangga, 2 orang lulusan Universitas Gadjah Mada, 2 orang lulusan Institut Pertanian Bogor, dan masing-masing 1 orang lulusan Universitas Indonesia dan Universitas Padjadjaran,” papar Nasaruddin.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengawali sambutannya dengan ucapan selamat kepada para dosen yang berhasil diterima menjadi dosen tetap Unhas. Rekrutmen mandiri ini merupakan salah satu keleluasaan yang dimiliki oleh Unhas dengan status sebagai PTN Badan Hukum.

“Ada beberapa yang sudah mengabdi, bahkan sudah banyak yang menghasilkan artikel terindeks Scopus. Sekarang kita tetapkan mereka sebagai dosen tetap Unhas. Tetap saja mereka mengikuti seleksi yang ketat dan dikompetisikan dengan kandidat lainnya. Dan memang mereka ini lebih unggul, sehingga berhasil,” kata Dwia.

Rektor juga menegaskan pesan kepada dosen-dosen yang baru agar segera bekerja dan berkarya, tidak perlu lagi menunggu. Dihadapan para dekan dan pimpinan fakultas yang hadir, Prof. Dwia memerintahkan agar sumber daya dosen yang baru ini segera dimanfaatkan. Mungkin untuk semester ini sudah berjalan, jadi semester depan mereka sudah harus masuk dalam jajaran pengampu mata kuliah. Unhas ini sekarang sudah lari kencang. Dosen-dosen baru harus langsung ikut berlari. Tidak ada istilah pemanasan lagi,” kata Dwia.

Berikut distribusi dosen tetap Non PNS setiap fakultas yang diterima pada tahun 2019:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis: 2 orang
Fakultas Hukum: 2 orang
Fakultas Kedokteran: 4 orang
Fakultas Teknik: 2 orang
Fakultas ISIPOL: 3 orang
Fakultas Ilmu Budaya: 2 orang
Fakultas Pertanian: 1 orang
Fakultas MIPA: 1 orang
Fakultas Peternakan: 1 orang
Fakultas Kedokteran Gigi: 1 orang
Fakultas Kesehatan Masyarakat: 1 orang
Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan: 1 orang
Fakultas Kehutanan: 1 orang
Fakultas Farmasi: 1 orang
Fakultas Keperawatan: 1 orang
Sekolah Pascasarjana: 2 orang

Tahun ini juga, Unhas telah menerima dosen PNS sebanyak 57 orang. Saat ini dosen-dosen tersebut sedang dalam proses pengurusan berkas di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dengan demikian, Unhas menerima tambahan 84 dosen baru pada tahun 2019 ini.(rls)