Melalui Expo, Unhas Perkenalkan 10 Program Studi Kelas Internasional

Dalam rangka menyambut penerimaan mahasiswa baru tahun 2019, Universitas Hasanuddin menggelar Expo Kelas Internasional pada hari Rabu, 24 April 2019.

Dalam rangka menyambut penerimaan mahasiswa baru tahun 2019, Universitas Hasanuddin menggelar Expo Kelas Internasional pada hari Rabu, 24 April 2019.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Dalam rangka menyambut penerimaan mahasiswa baru tahun 2019, Universitas Hasanuddin menggelar Expo Kelas Internasional pada hari Rabu, 24 April 2019.

Acara yang berlangsung di Gedung IPTEKS Unhas Tamalanrea ini terdiri atas Sosialisasi dan Pameran. Sebanyak 10 program studi di Unhas yang membuka kelas internasional menyiapkan booth untuk memberikan penjelasan mengenai prosedur, persyaratan, jadwal dan biaya.

Acara sosialisasi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Kemitraan, dan Kerja Sama, Prof dr Nasrum Massi, Ph.D. Dalam sambutan singkatnya, Prof Nasrum mengatakan bahwa pembukaan kelas internasional Unhas merupakan salah satu mandat Unhas sebagai PTN Badan Hukum yang dituntut untuk membangun reputasi internasional. Salah satunya adalah dengan membuka kelas-kelas internasional.

” Saat ini Unhas telah memiliki program-program studi yang terakreditasi internasional, sehingga memiliki kualitas dan kapasitas untuk membuka kelas internasional,” kata Prof. Nasrum.

Sementara itu, presentasi mengenai kelas internasional disampaikan oleh Direktur Pendidikan Unhas, Dr Ida Leida Maria, SKM, MKM. Dalam penjelasannya, Dr. Ida menjelaskan hal-hal teknis terkait kelas internasional Unhas ini.

” Kita tahun ini akan membuka kelas internasional pada 11 program studi. Beberapa program studi telah membuka kelas internasional sejak beberapa tahun lalu, seperti Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, dan Hubungan Internasional, dan Fakultas Teknik,” papar Dr. Ida.

Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) Unhas merupakan implementasi rencana strategis Unhas, dimana Unhas diminta untuk mengambil peran atas jangkauan tri-dharma yang lebih luas.

Keuntungan mahasiswa mengabil kelas internasional antara lain memberikan atmosfir dan terexposure pendidikan internasional. Bahasa pengatar yang di gunakan adalah Bahasa Inggris, dosen pengajar selain dari Unhas beberapa dari universitas Mitra Unhas di Luar Negeri.

Pada sesi sosialisasi ini, juga didengarkan testimoni dari beberapa mahasiswa kelas internasional yang telah menempuh pendidikan di Unhas, yaitu:

1. Belal Achmed, mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat berasal dari Bangladesh;
2. Dinda Aselfirma, mahasiswa Kesehatan Masyarakat.
3. Putu, mahasiswa kelas internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
4. Ahmad Ashar Razaq, mahasiswa program studi Hubungan Internasional
5. Sahidul Islam, mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat dari Bangladesh.

Para mahasiswa ini menjelaskan kesan mereka menjadi mahasiswa kelas internasional di Unhas, yang diakui sangat mendukung cita-cita mereka untuk memiliki pengalaman internasional. (***)