Mahasiswa FT UNM Sukses Luncurkan Muatan Roket

Mahasiswa FT UNM Sukses Luncurkan Muatan Roket.

Mahasiswa FT UNM Sukses Luncurkan Muatan Roket.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT UNM) berhasil meluncurkan muatan roket yang mereka buat pada saat Uji Peluncuran yang digelar oleh Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) Republik Indonesia yang bertajuk Kompetisi Muatan Roket Indonesia (KOMURINDO) Ke-11 di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut, Pameungpeuk, Jawa Barat pada Sabtu dan Minggu, 24-25 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama LAPAN dengan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEK DIKTI) dan Pemerintah Kabupaten Garut dalam rangka hari Keantariksaan Nasional yang jatuh pada 6 Agusutus 2019, Ulang Tahu LAPAN yang Ke-56 serta Hari Kebangkitan Nasional yang ke-24.

Adapun jenis kompetisi yang dilaksanakan terbagi dalam 3 kategori yaitu muatan Roket, Wahana Sistem Kendali, dan Muatan Balon Atmosfer. UNM sendiri mengikutkan di dua Kategori yaitu Muatan Roket dan Muatan Balon Atmosfer.

Baca Juga:

    Pada Muatan Roket Tema yang diusung Pemantauan Grafis Sikap Luncur Roket Muatan Dalam Visualisasi Odometri 3 Dimensi (3D Odometry Grhapics Visualization).

    UNM bersaing dengan 32 Universitas Terbaik Di Indonesia. Untuk Tim muatan Roket diwakili oleh Mudarris (Ketua TIM), Syutriadi dan Andi Alpiam Mushar (Anggota TIM) dan Muatan Balon Atmosfer Diwakili Oleh Nirwana (ketua TIM), Mutiara Mutmainnah , dan wanda Rahmawati (Anggota TIM).

    Kegiatan Ini diharapkan mampu memupuk Rasa Persatuan, kesatuan, dan Nasionalisme untuk menjaga Martabak dan kedaulatan NKRI melalui Penguasaan Teknologi Penerbangan dan Antariksa,”ujar Ketua LAPAN.(***)