Unhas Siap Selenggarakan Lomba Karya Tulis Mahasiswa Bidang Kemaritiman

Universitas Hasanuddin melalui bidang kemahasiswaan dan alumni akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) Bidang Kemaritiman.

Universitas Hasanuddin melalui bidang kemahasiswaan dan alumni akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) Bidang Kemaritiman.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Universitas Hasanuddin melalui bidang kemahasiswaan dan alumni akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) Bidang Kemaritiman.

Acara tahunan yang telah memperoleh pengakuan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai salah satu event kemahasiswaan nasional ini akan diselenggarakan pada Kamis-Sabtu, 24-26 Oktober 2019, di Kampus Unhas, Tamalanrea.

Untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas menggelar rapat panitia, Selasa (15/10).

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat LPMPP, Kampus Unhas ini diikuti oleh seluruh panitia pelaksana, tim juri, dan liason office (LO) kegiatan.

Direktur Alumni dan Penyiapan Karir, Abdullah Sanusi, Ph.D, yang memimpin rapat mengatakan bahwa LKTM Bidang Kemaritiman ini merupakan salah satu agenda tahunan yang semakin mendapatkan minat.

“Tahun ini kita menerima 55 tim yang berasal dari 17 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Ini jauh meningkat dibanding tahun lalu. Salah satu faktor peningkatan peserta ini adalah persiapan panitia dan sosialisasi yang lebih panjang,” kata Sanusi di sela-sela rapat.

Dari berbagai lomba karya tulis yang dilaksanakan oleh berbagai perguruan tinggi, ajang yang diselenggarakan oleh Unhas ini terbilang unik.

“Ini satu-satunya lomba sejenis di Indonesia yang seluruh akomodasi dan transportasi lokal peserta disiapkan oleh panitia,” lanjut Sanusi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Ir. Farid Samawi, M.Si, menjelaskan bahwa untuk tahun ini, panitia menambah kategori lomba, menjadi 6 kategori. Salah satu kategori yang ditingkatkan statusnya adalah untuk kategori poster. Jika tahun lalu, poster hanya untuk penilaian favorit, maka tahun ini poster juga memberebutkan medali emas.

“Kita melibatkan juga empat juri eksternal yang berasal dari Universitas Brawijaya, IPB, ITS, dan Universitas Muslim Indonesia. Penjurian akan menilai substansi karya tulis, dan kualitas presentasi. Juga akan ada kategori untuk video dan poster,” kata Farid.

Acara LKTM Bidang Kemaritiman akan dumulai pada 24 Oktober 2019. Seluruh peserta akan mengikuti Technical Meeting pada sore hari. Kemudian pada tanggal 25 Oktober akan digelar acara pembukaan, kuliah umum, dan presentasi serta penilaian.

“Kegiatan ini direncanakan akan dihadiri oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Isminandar. Sampai saat ini, belum ada perubahan jadwal. Kami berkoordinasi dengan sekretaris beliau, masih ada di agenda kegiatan, dimana beliau akan menghadiri dan membuka acara,” kata Farid.

Rapat yang berlangsung hingga pukul 11.30 WITA ini dilanjutkan dengan pertemuan khusus oleh dewan juri yang membahas kriteria dan mekanisme penilaian. (***)