Lebih Dekat dengan Luthfania Andriani, Lulusan Terbaik FISIP Unhas Raih IPK 4,00

Luthfania Andriani

Luthfania Andriani.

MAKASSAR – Luthfania Andriani mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, berhasil lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,00 cumluade.

Ditemui usai acara wisuda, di Baruga A.P. Pettarani Kampus Unhas Tamalanrea, Kamis 23 Juni 2022, mahasiswi kelahiran Sorowako tahun 1999 itu membeberkan kiat-kiat untuk meraih prestasi akademik. Kuncinya kata dia, kerja keras, konsistensi, dan tidak menunda-nunda tugas akademik.

“Saya selalu pegang prinsip untuk selalu menjaga totalitas ditiap hal yang saya kerjakan, apalagi di akademik. Jadi kalau di kelas saya berusaha selalu menyimak dengan maksimal, terus bagaimana berusaha aktif bertanya dan berpendapat dalam diskusi kelas. Lalu dalam mengerjakan tugas saya cenderung selalu berusaha agar tidak menunda-nunda untuk mengerjakannya dan saya suka menyicil tugas tiap hari. Karena dengan begitu, bisa membantu saya untuk bisa lebih memahami materi tugas.

Tak kala penting lanjut Luthfania, bagaimana konsistensi dalam belajar terus bisa dijaga. “Iya konsisten dalam beljar dan mengerjakan tugas, tidak mudah terdistraksi hal-hal lain pada saat fokus di kelas atau mengerjakan tugas. Saya juga suka dan sering diskusi sama teman-teman di kelas tentang materi atau tugas kuliah, jadi kami bisa makin banyak belajar dan paham tentang materi di kelas,” beber Luthfania, yang juga pernah menorehkan prestasi sebagai Delegasi Indonesia dalam program pertukaran pelajar ke Illinois, Amerika Serikat di Herrin High School.

Di sisi lain, alumni SMA YPS Sorowako itu memberikan pendapatnya terkait mata kuliah yang sudah dilaluinya semasa menjalani proses perkuliahan. Baginya, mata kuliah masing-masing punya sisi menarik.

“Apalagi di jurusan HI mata kuliah yang kita pelajari, topiknya sangat beragam, seperti ekonomi internasional, gender, demokrasi, studi kemaanan, studi kawasan asia tenggara, dan banyak bahas kawasan negara lainnya. Jadi tiap mata kuliah membawa hal-hal unik yang baru bagi saya untuk dipelajari,” cetusnya.

Terakhir, sosok yang sudah menorehkan sederet prestasi dalam dunia pendidikan itu berpesan, untuk menjawab tantangan dalam menjalani pendidikan hingga ke perguruan tinggi bagaimana konsistensi dan fokus di akademik.

“Apalagi kalau kita juga aktif di kegiatan non akademik atau organisasi, jadi terkadang ada yang ketteran, atau lagi sibuk, jadi harus bisa memanage waktu dengan baik. Dan selain sebagai anak rantau yang jauh dari keluarga sehingga menjadi suatu tantangan untuk bisa beradaptasi di lingkungan yang baru dan mandiri dalam melakukan setiap proses yang dilalui,” tutup putri dari pasangan Aryadi dan Risnawaty Syahabuddin itu. (**)

NAMA: LUTHFANIA ANDRIANI, S.IP

RIWAYAT PENDIDIKAN

SMA YPS SOROAKO | JURUSAN IPA
2014 – 2018
Aktif dalam berbagai kegiatan akademik dan non-akademik, terutama dalam bidang matematika dan baca puisi. Berperan aktif sebagai anggota OSIS dalam melaksanakan berbagai kegiatan, baik intra maupun eskstra sekolah.

HERRIN HIGH SCHOOL
AGUSTUS 2016 – MEI 2017
Mahasiswa pertukaran pelajar yang aktif dalam kegiatan dan prestasi
akademik, seperti Honor Roll, dan National Honor Society Award. Terlibat
dalam banyak organisasi, seperti French Club, Math Club, Drama Club, dan Rotary Interact Club.

UNIVERSITAS HASANUDDIN | JURUSAN ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL
AGUSTUS 2018 – MEI 2022 | IPK: 4.00 (CUMLAUDE)
Mahasiswa yang aktif dalam memaksimalkan kegiatan dan nilai akademik dan minat dalam menganalisis, riset berbagai isu internasional. Menjadi student volunteer Batch 1 dalam berbagai kegiatan Departemen HI. Dalam organisasi kampus, juga berperan aktif sebagai anggota UKM Panca Suci FISIP Unhas, UKM Debat Bahasa Indonesia FISIP Unhas, dan lainnya. Serta menjadi penerima Beasiswa Bidikmisi selama 4 tahun.

Judul Tesis: “Reformulasi Politik Luar Negeri Amerika Serikat di Amerika Latin dan Dampaknya di Bidang Politik & Keamanan”