PMI Cabang Makassar Dirikan Sekolah Darurat di Lombok dan Sulawesi Tengah

Aksi kemanusian betul-betul ditunjukkan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Makassar. Di daerah terdampak bencana, Lombok dan Sulawesi Tengah, PMI Cabang Makassar mendirikan sekolah darurat.

Aksi kemanusian betul-betul ditunjukkan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Makassar. Di daerah terdampak bencana, Lombok dan Sulawesi Tengah, PMI Cabang Makassar mendirikan sekolah darurat.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Aksi kemanusian betul-betul ditunjukkan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Makassar. Di daerah terdampak bencana, Lombok dan Sulawesi Tengah, PMI Cabang Makassar mendirikan sekolah darurat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua PMi Cabang Makassar, Syamsul Rizal, saat menggelar rapat evaluasi pengurus PMI Cabang Makassar, Selasa, 16 Oktober 2018. Pendirian sekolah darurat tersebut sebagai bentuk tahapan kegiatan kemanusiaan yang telah dilakukan oleh relawan PMI Cabang Makassar baik di Lombok maupun di Palu, Sulawesi Tengah.

“Sebenarnya kita telah menyiapkan Sekolah Darurat di Lombok kerjasama dengan pihak asing dan PMI Cabang Bogor. Namun, lantaran kejadian tsunami di Palu dan Donggala, akhirnya kami mengubah dan membagi tugas. Yakni untuk Palu dan Lombok,” ujar Deng Ical, sapaan akrab Syamsul Rizal.

Diketahui, relawan PMI Cabang Makassar yang dikirim ke Palu, dipimpin oleh Abdul Gaffar. Dari seluruh PMI Cabang yang mengirim relawan ke Palu, PMI Makassar mengirim relawan terbanyak sebanyak 67 relawan yang diberangkat sehari setelah tsunami terjadi di Palu.

Di Palu dan Donggala, relawan PMI Cabang Makassar langsung mendirikan UTD, yang membawa serta 100 kantong darah untuk pasien korban bencana. Selain mendirikan UTD sementara, relawan PMI Makassar membuka layanan transfusi daerah, posko pelayanan kesehatan, pembagian air bersih atau WASH serta melakukan evakuasi mayat.

“Kita tak pernah berhenti bekerja di sana. Relawan PMI Cabang Makassar luar biasa kinerjanya. Kami angkat topi buat teman-teman relawan,” Sekertaris PMI Cabang Makassar, Salam.

Saat ini seluruh relawan PMI Cabang Makassar telah meninggalkan Palu. Dalam waktu dekat ini, PMI kembali akan mengirim sejumlah utusan ke Palu dan Donggala untuk pendataan program tahap selanjutnya yang akan dilakukan oleh PMI Cabang Makassar yakni rehabalitisi dan rekonstruksi. Selain itu staf yang akan dikirim ke Palu tersebut akan melakukan assasment anak sekolah yang akan dibuatkan sekolah darurat di Lombok dan Palu.