Dua Begal Diringkus di Makassar, 1 Dihadiahi Timah Panas

Ilustrasi Penangkapan

Ilustrasi Penangkapan

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Anggota timsus Polsek Rappoci berhasil meringkus kawanan curas begal yang beraksi di beberapa tempat di Kota Makassar. Dua kawanan begal yang berhasil diamankan yakni lelaki FR alias Sincan (18) dan PR (16).

Kedua pelaku diamankan oleh timsus Polsek Rappocini yang dipimpin oleh Panit 2 Reskrim Ipda Nurtcahyana, berawal dari adanya laporan terjadi curas di Jalan Karaeng Bonto Tangga Kel. Karunrung Kec. Rappocini Kota Makassar. Mengetahui kejadian tersebut timsus pun langsung mendatangi TKP.

Setelah mengetahui ciri-ciri pelaku dari keterangan korban timsus pun langsung melakukan pencarian, alhasil anggota timsus mendapati tiga pelaku di Jalan Hartaco, pada saat anggota timsus melakukan pengejaran terhadap ke tiga pelaku, satu pelaku melakukan perlawanan mengancam petugas dengan busur.

“Dua berhasil diamankan, satu berhasil melarikan diri dengan membawa hp milik korban,” ucap Ipda Nurtcahyana, Sabtu (8/12/2018).

Lanjut Ipda Nurtcahyana menerangkan, pelaku melakukan curas dengan cara merampas Hp korban, FR dan AB (DPO) berboncengan menarik Hp korban sementara PR mengancam korban menggunakan sajam busur.

Timsus Polsek Rappocini kemudian melakukan pengembangan penunjukan TKP, namun FR mengelabui petugas mencoba dan berusaha melarikan diri sehingga petugas memberi tempakan peringatan namun tidak diindahkan.

Sehingga petugas melakukan tindakan tegas terukur dengan timah panas terhadap pelaku dan mengenai betis sebelah kanan  sebanyak satu kali,  selanjutnya FR dibawa ke rumah sakit Bhayangkara Makassar untuk mendapatkan perawatan medis.

Pengakuan pelaku ada 6 TKP lainnya  melakukan curas, diantaranya di Jalan Manuruki Kota Makassar FR bersama PR dan AB (DPO) melakukan curas dengan mengambil satu unit Hp merek lenovo warna hitam sekitar bulan november 2018 dan Hp tersebut dijual di sosmed Makassar Dagang sebesar 280.000 (dua ratus delapan puluh ribu rupiah).

Selain itu, juga melakukan curas di Kab. Gowa. FR berteman berhasil mengambil satu unit hp merek samsung j1 warna hitam sekitar bulan oktober 2018 di Jalan Syekh Yusuf dan hp tersebut dijual di sosmed Makassar Dagang sebesar 400.000.(emapat ratus ribu rupiah).

Selanjutnya FR dan PR bersama barang bukti berupa dua buah sim card milik korban dan satu unit sepeda motor merek honda scupy warna hitam yang digunakan diamankan di Polsek Rappocini untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. (**)