LPPM Unhas Gelar Sosialisasi Penandatanganan Kontrak Hibah Internal

Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin menggelar Sosialisasi Penandatanganan Kontrak Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Hibah Internal tahun 2021.

Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin menggelar Sosialisasi Penandatanganan Kontrak Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Hibah Internal tahun 2021.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin menggelar Sosialisasi Penandatanganan Kontrak Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Hibah Internal tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui platform zoom meeting, Senin (19/4), mulai pukul 10.30 Wita.

Kegiatan dihadiri oleh peneliti dan pengabdi di lingkungan Unhas yang proposalnya dinyatakan diterima untuk memperoleh pendanaan/hibah dari internal Unhas. Untuk tahun 2021, Unhas telah mengalokasikan anggaran sebesar hampir Rp14,5 milyar untuk penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam pengantarnya, Ketua LPPM Unhas, Prof. Dr. Alimuddin Unde, M.Si menjelaskan bahwa proses seleksi tahun ini cukup kompetetif. LPPM menerima 613 proposal, namun setelah melalui proses seleksi dihasilkan sebanyak 325 proposal yang dibiayai.

“Selama proses seleksi, kami mengedepankan asesmen kualitas. Di awali dengan seleksi administrasi, kemudian seleksi substansi, dan juga dilibatkan asesmen dari Dewan Riset Unhas. Saya meminta kepada Ibu Rektor agar kami jangan diintervensi dalam proses seleksi ini, agar kita dapat menghasilkan proposal berkualitas,” kata Prof. Alimuddin.

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, dalam sambutannya menyambut baik langkah yang ditempuh oleh LPPM Unhas. Selain memperhatikan pemerataan, juga aspek kualitas perlu menjadi pertimbangan dalam menyeleksi proposal-proposal peneliti dan pengabdi masyarakat.

“Saya berharap besar agar penelitian di Unhas tidak berdiri sendiri, akan diintegrasikan dengan kegiatan lain, seperti pembelajaran dan pengabdian masyarakat. Secara langsung, penelitian akan berdampak pada publikasi. Artinya ini akan turut menambah reputasi Unhas di World Class University,” kata Prof. Dwia.

Prof Dwia menambahkan bahwa dalam beberapa hari mendatang akan diumumkan ranking Times Higher Education (THE). Dirinya berharap Unhas akan mencatatkan hasil yang baik pada pemeringkatan yang merupakan indikasi reputasi internasional perguruan tinggi.

Kegiatan sosialisasi selanjutnya diisi dengan pemaparan maeri kontrak penelitian, teknis pembiayaan, dan mekanisme pelaporan yang akan diikuti oleh peneliti. Kegiatan berlangsung hingga pukul 12.00 Wita.(****)