Kala Teater Produksi Pertunjukan Virtual “Di Balik Sinar Suram” Lewat Youtube

Kala Teater Produksi Pertunjukan Virtual "Di Balik Sinar Suram" Lewat Youtube.

Kala Teater Produksi Pertunjukan Virtual "Di Balik Sinar Suram" Lewat Youtube.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Kala Teater menjadi satu dari segelintir kelompok teater di Indonesia yang tetap produktif berkarya di masa Pandemi ini.

Buktinya, kelompok teater yang didirikan di kota Makassar 2006 silam ini kembali menyiapkan pertunjukan terbaru yang disajikan lewat virtual di Chanel YouTube.

“Sejak masa pandemi ini, Kala Teater menyiasati hal tersebut dengan memindahkan medium pertunjukan dari panggung aktual menjadi panggung virtual,” ungkap Shinta Febriany Direktur dan sutradara Kala Teater lewat rilis yang dikirimkan, Jumat 21 Mei 2021.

Baca Juga:

    Produksi terbaru yang akan ditayangkan 22-31 Mei 2021 ini adalah produksi pertunjukan virtual berjudul “Di Balik Sinar Suram” sebuah karya Marx Carverhl adaptasi bebas oleh Fred H. Wetik.

    Naskah “Di Balik Sinar Suram” ini dinilai mampu menghadirkan wacana tentang kesenian masa kini: apakah seni masih memiliki nilai kebudayaan yang berharga atau kini hanya menjadi sebuah komoditas.

    Sutradara “Di Balik Sinar Suram” Dwi Sastro Mario mengatakan, naskah ini menggambarkan perdebatan tentang karya film yang berkualitas dan film yang hanya mementingkan keuntungan ekonomi.

    “Dari pementasan ini penonton diharapkan mampu merefleksi tema yang ditawarkan pertunjukan teater “Di Balik Sinar Suram,” beber Sastro Mario.

    Produksi terbaru Kala Teater ini adalah hasil Melanjutkan program yang telah diberdayakan sejak tahun 2010, yaitu Studio Aktor. Studio Aktor merupakan pelatihan keaktoran bagi aktor pemula dan aktor yang ingin menambah kapasitas keaktorannya. Para peserta kemudian mempresentasikan ilmu, materi, dan praktik yang telah diperoleh dari Program Studio Aktor ke dalam bentuk produksi pertunjukan teater.

    Tercatat dari awal masa pandemi pada tahun 2020, Kala Teater telah melaksanakan beberapa pertunjukan yang dilakukan secara virtual yaitu “Awal dan Mira”, “Diri dalam Pandemi”, dan “Waktu Tanpa Buku”, yang ketiganya disutradarai oleh Shinta Febriany. Memulai tahun 2021, Kala Teater mempersembahkan sebuah pertunjukan virtual yaitu “Di Balik Sinar Suram”.

    Adapun aktor dan tim produksi yang terlibat adalah Nirwana Aprianty, Sukarno Hatta, Mega Herdiyanti, Yasser Adam, Sabri Sahafuddin, Fikri Yathir, dan Jerome Benael Matulessy sedangkan Dwi Lestari Johan sebagai Manajer Panggung, Wawan Aprilianto sebagai Penata Artistik, Nirwana Aprianty sebagai Penata Rias dan Kostum, dan Nurul Inayah sebagai Pimpinan Produksi.

    Nurul Inayah, Pimpinan Produksi Pertunjukan Teater Virtual “Di Balik Sinar Suram” mengatakan pertunjukan ini akan ditayangkan pada 22-31 Mei 2021 melalui akun youtube Kala Teater. Sedangkan untuk melakukan pemesanan tiket dapat melalui tautan bit.ly/tiketdbss.

    “Untuk informasi lebih lengkap mengenai “Di Balik Sinar Suram” dapat dilihat di media sosial Kala Teater, yaitu Instagram @kalateater dan Facebook dengan akun Kala Teater,” tutup Inayah.(#)